SMAN 1 Wonosari telah selesai melakukan sosialisasi pemilihan mata pelajaran (mapel) pilihan fase F tahun pelajaran 2023/2024 kepada seluruh siswa kelas X beserta orang tua atau walinya. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis, yang dimulai tanggal 23 Januari 2024 dan berakhir pada 6 Februari 2024, bertempat di Aula Arjuna SMAN 1 Wonosari. Kegiatan ini merupakan program kerja sama antara bidang Kurikulum, Bimbingan Konseling (BK), dan Wali Kelas, dengan mengundang satu kelas pada tiap pertemuannya, agar sosialisasi dapat tersampaikan dan dipahami dengan lebih jelas. Mengingat pentingnya kegiatan ini, peserta yang tidak dapat hadir sesuai jadwal kelasnya diperkenankan untuk hadir pada jadwal kelas yang lain.
Terdapat tiga tujuan diselenggarakannya sosialisasi ini. Pertama, agar peserta memahami latar belakang penentuan mapel pilihan fase F. Kedua, agar peserta memahami fungsi deteksi bakat dan minat RIASEC. Ketiga, agar peserta memahami mekanisme dan prosedur pemilihan mapel pilihan fase F di SMAN 1 Wonosari. Sekolah memandang perlu untuk menyampaikan sosialisasi ini tidak hanya kepada siswa namun juga kepada orang tua agar keduanya dapat menyamakan persepsi tentang rencana studi lanjut siswa. Hal ini dilandasi dari kerap munculnya perbedaan pendapat antara siswa dan orang tuanya dalam proses menentukan jurusan kuliah. Persamaan persepsi ini diharapkan dapat memantapkan siswa dalam mempersiapkan diri sejak awal dengan memilih menu mapel pilihan pada fase F yang akan mendukung studi lanjutnya kelak.
Kegiatan yang berlangsung selama dua jam ini dibagi ke dalam tiga sesi, yakni pengarahan kepala sekolah, sosialisasi utama, dan diskusi atau tanya jawab dari peserta. Sosialisasi disampaikan oleh Sriyanta, S.Si., M.Kom. dan Zuliani Muslikhah, S.Pd. Sesuai dengan tujuan sosialisasi ini, terdapat tiga pokok materi yang dipaparkan, yakni latar belakang penentuan mapel pilihan fase F, deteksi bakat dan minat dengan metode RIASEC, serta mekanisme dan prosedur pemilihan mapel pilihan fase F di SMAN 1 Wonosari. Istilah RIASEC sendiri merupakan akronim dari enam jenis kepribadian manusia, yakni Realistic, Investigative, Artistic, Social, Enterprising, dan Conventional. Dengan mengetahui jenis kepribadiannya, siswa diharapkan dapat mengidentifikasi jurusan kuliah dan kariernya kelak yang sesuai dengan minat, bakat, dan kepribadian utamanya.
Sosialisasi ini diikuti dengan baik oleh para peserta, ditunjukkan dengan aktifnya siswa dan orang tua dalam sesi tanya jawab. Hal ini menunjukkan keseriusan peserta untuk mulai menyamakan persepsi dan langkah yang tepat untuk mempersiapkan masa depan siswa. Semoga sekolah dan orang tua dapat semakin bersinergi untuk mendampingi siswa dalam berproses meraih cita-citanya. (BGR)