Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) SMAN 1 Wonosari diperoleh berdasarkan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) terhadap layanan publik di SMAN 1 Wonosari yang telah dilakukan sejak bulan Mei hingga September 2023.Hasil SKM yang didapat merangkum data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat. Nilai IKM SMAN 1 Wonosari pada tahun 2023 ini adalah 88.70 dengan predikat A (Sangat Baik), sedangkan nilai IKM SMAN 1 Wonosari pada tahun 2022 adalah 87.19 dengan predikat B (Baik). Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan kinerja penyelenggaraan layanan publik di SMAN 1 Wonosari dari tahun 2022 hingga 2023.
Layanan Informasi Publik
Terdapat sepuluh jenis layanan publik yang masuk dalam Survei Kepuasan Masyarakat yaitu:
- Layanan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)
- Layanan Informasi
- Layanan Pengaduan
- Layanan Legalisasi Ijazah
- Layanan Mutasi Siswa Keluar
- Layanan Mutasi Siswa Masuk
- Layanan Penelitian tentang Pendidikan
- Layanan Mahasiswa PPL/Magang
- Layanan Studi Tiru
- Layanan Surat Keterangan Pengganti Ijazah/STTB.
Layanan PPDB
Survei kepuasan masyarakat dilakukan secara online menggunakan google form melalui tautan https://bit.ly/SKMEkamas23 dan secara offline menggunakan lembar kuisioner yang telah disiapkan oleh tim. Dalam survei kepuasan masyarakat terdapat sembilan unsur layanan yang menjadi perhatian yaitu:
- Persyaratan
- Prosedur
- Waktu Pelayanan
- Biaya/Tarif
- Produk Layanan
- Kompetensi Pelaksana
- Perilaku Pelaksana
- Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan
- Sarana dan Prasarana.
Tiga unsur pelayanan yang mendapat nilai tertinggi yaitu unsur sarana dan prasarana, perilaku pelaksana, serta penanganan pengaduan, saran, dan masukan. Tiga unsur pelayanan yang mendapat nilai terendah yaitu waktu pelayanan, produk pelayanan, dan prosedur. Analisis SKM menunjukkan jenis layanan yang mendapat kategori A yaitu layanan legalisasi ijazah, mutasi siswa masuk, penelitian, dan studi tiru, sedangkan layanan yang mendapat kategori B yaitu layanan PPDB, informasi publik, mutasi siswa keluar, dan mahasiswa PPL.
Layanan Mahasiswa KKN/PPL
Hasil survei ini digunakan sebagai bahan evaluasi dan masukan bagi penyelenggaraan layanan publik di SMAN 1 Wonosari. Tim layanan publik SMAN 1 Wonosari telah menyusun rencana tindak lanjut untuk meningkatkan layanan publik di tahun mendatang. Semoga SMAN 1 Wonosari tetap mampu mempertahankan bahkan meningkatkan pelayanan publik demi meningkatkan kualitas pendidikan. (HK)